Tips Mengajarkan Hafalan Quran Pada Anak


Mempunyai anak seorang hafidz Quran tentu menjadi kebanggaan bagi orang tua. Namun untuk mendidik anak yang bisa menghafal Quran tidaklah mudah. Ada cara-cara yang harus dilakukan agar anak bisa menghafal Quran, apa saja? Simak tipsnya berikut.
  1. Diulang-ulang minimal sepuluh kali, direnungkan dan dibayangkan tulisannya. Tidak perlu dihafal, cukup baca dan dengar 40 kali. Setelah mendapat 5 ayat, atau 5 baris, diiulang lagi 40 kali. Ulangi 5 ayat atau 5 baris berikutnya. Setelah mendapat satu halaman, yakni 5 baris lalu ulangi 40 kali lagi.
  2. Dipotong-potong dengan memakai alat peraga atau jari tangan. Buat ilustrasi dalam karton besar dengan gambar yang relevan.
  3. Menghafal memakai tulisan sehingga tergabung antara tulisan dan hafalannya.
  4. Membuat klasifikasi hafalan, level 1, 2, dan seterusnya. Hal ini dilakukan untuk memotivasi si anak untuk mencapai level yang lebih tinggi.
  5. Wajib muroja’ah. Ulang-ulang terus hafalannya setiap hari jangan samapai ada yang terlewat.
  6. Praktekan hafalannya dengan cara membaca surat yang sudah dihafal ketika salat wajib maupun sunnah.
Yang paling penting ketika mengajarkan anak menghafal Quran adalah kesabaran dan konsisten, karena usia anak-anak adalah masa keemasan dan juga masa-masa bermain, untuk itu orang tua harus kreatif, sabar dan konsisten dalam mengajar dan membimbing si anak.

0 Response to "Tips Mengajarkan Hafalan Quran Pada Anak"

Post a Comment