Kisah Sandal yang Membawa Pemiliknya Ke Surga


Ada kisah sederhana, bahwa sandal bahkan yang sangat jelek dapat mengantarkan penggunanya masuk surga. Bagaimana kisahnya?

1. Kisah sandal Nabi Idris As

Nabi Idris As meminta pada Malaikat agar diperkenankan memasuki surga. Lalu malaikat maut meminta ijin kepada Allah dan Allah memberinya ijin untuk masuk kedalam surga lalu keluar lagi. Idris lalu masuk kedalam surga dan menaruh kedua sandalnya dibawah sebuah pohon surga lalu dia keluar dari surga.
Dia kemudian berkata kepada malaikat maut, “Aku telah meninggalkan sandalku didalam surga. Kembalikan aku kesurga lagi.” Dia lalu kembali dan masuk kedalam surga dan tidak mau lagi keluar darinya.

Malaikat maut lalu berteriak, “Hei Idris! Keluarlah.” Idris menjawab, “Aku tidak mau keluar, karena dirinya telah melewati mati, dan bagaimana pedihnya mati, dan dirinya juga telah melihat neraka dan setelah melihat surga dirinya juga berkeinginan untuk tetap didalamnya. Permintaan Nabi Idris didengar Allah dan firmanNya kepada malaikat maut, “Biarkan dia, karena aku telah memutuskan bahwa dia termasuk penghuni surga.

2. Kisah sandal Bilal bin Rabah

Bilal bin Rabah adalah nama seorang sahabat yang melalui dia, kita akan dapat banyak pelajaran. Ia adalah seorang mantan budak orang kafir yang sering dihina karena kulitnya yang hitam bahkan ia pernah diseret dengan posisi telungkup dan tangan diikat ke kuda di tengah panasnya padang gurun Arab karena kesaksiannya akan Islam. Bilal sangat teguh dalam Islam dan sangat Sabar dalam menghadapi berbagai macam cobaan yang berat.

Maka, Maha Suci Allah yang telah meninggikan seorang Bilal bin Rabah melalui Nabi Muhammad Saw dalam hadits berikut:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu. Bahwasannya Nabi Saw pernah bersabda kepada Bilal selepas shalat Shubuh:

“Ceritakan kepadaku satu amalan yang paling engkau andalkan dalam Islam, karena dalam suatu malam aku pernah mendengar suara sandal / terompahmu berada di pintu surga”, Bilal berkata : “Setiap aku berwudhu, kapan pun itu, baik siang maupun malam, aku selalu melakukan shalat dengan wudhu tersebut” (HR. Al Bukhari)

Semoga sandal yang pernah kita pakai membawa kita menuju surga-Nya. 

Aamiin Yaa Rabbal'alamiin

0 Response to "Kisah Sandal yang Membawa Pemiliknya Ke Surga "

Post a Comment